Solidarita Orang Minang di Tanah Abang


GEMPA DI PADANG

Gempa dahsyat yang mengguncang Sumatera Barat beberapa waktu lalu, tidak menyurutkan aktivitas dagang di pusat grosir Tanah Abang, Jakarta. Apa kaitannya gempa dengan Tanah Abang?

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Benny Soetrisno membuka rahasia sebanyak 85 persen pedagang di Tanah Abang berasal dari Padang.

“Kebetulan memang pedagang di Tanah Abang, 85 persennya orang Padang,” kata Benny di Jakarta, Senin, 5 Oktober 2009.

Meski dikuasai orang Minang, menurut Benny, aktivitas di Tanah Abang tetap berjalan seperti biasanya. “Mereka punya seribu satu cara untuk tetap bertahan,” katanya.

Dia mengakui pada malam hari setelah gempa terjadi, seluruh pedagang Tanah Abang mengadakan konsolidasi membantu korban gempa. Di antara pedagang sendiri pun, telah ada kekerabatan kental yang tidak memungkinkan untuk saling menjarah.

Pedagang Tanah Abang yang kampung halamannya hancur karena gempa juga tidak akan serta merta pulang. “Tidak mungkin mereka langsung serbu kampung halamannya, kecuali bawa tenda dan MCK sendiri,” ujarnya.

Mereka, dia menambahkan, hanya akan mengirimkan uang hasil berdagang ke keluarganya di Sumatera Barat untuk dibelanjakan di daerah sekitarnya. “Jadi, ada multiplier ekonomi,” kata Benny.

hadi.suprapto@vivanews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: