Kapok dengan orang Sekampung

penghianatSebagai orang keturunan Minang, aku diajarkan untuk bisa membantu. Apalagi untuk sesama suku. Kejadian ini tahun 1990-an, ketika aku sedang menduduki CEO di sebuah perusahaan penerbitan. Karirku waktu itu sedang menanjak. Menjadi pimpinan redaksi dan direktur di perusahaan itu.

Seorang sahabat lama, keturunan 1001 % Minang, yang hanya kenal lewat tulisan di media cetak di kota Padang  datang menemuiku. Kami hanya kenal muka di rantau. Dia seorang photographer dekat dengan model model ternama Jakarta. Kebetulan aku lagi ada job membangun media baru. Aku ajak dia bekerja di perusahaan itu dengan gaji yang layak.

Persahabatan aku dengan dia tak bertahan lama. Di belakang layar dia berusaha menjelekan aku dengan owner perusahaan.  Dengan  berbagai cara aku akhirnya disingkirkan. Aku ingat, saat itu isteriku sedang hamil anak keduaku. Menjelang melahirkan. Sangat sulit bagiku untuk melupakan itu.

Untunglah ada seorang fotogrfer yang membantu mendapatkan owner. Aku akhirnya bisa bertahan sampai anakku lahir. Di perusahaan baru ini, aku menjadi dirut. Aku juga membantu seorang teman, orang minang juga dengan kedudukan yang layak.  Rupanya, dia juga berusaha berlaku seperti Minang sebelumnya. Menjelekan dan memojokan aku di depan owner dan membuat aku keluar dari perusahaan itu.

Dan sejak itu aku trauma membantu orang Minang untuk masuk kerja dalam lingkup perusahaanku. Aku berusaha hanya berteman dengan mereka, duduk di lepau bersenda gurau, tanpa bicara bisnis atau apa pun. Mereka bekerja seperti menggunting dalam selimut. Berkhianat pada orang yang telah memberikan mereka kehidupan.

Tinggalkan Balasan

