Raja Malaysia keturunan Minang

Salah satu dari tiga belas negara bagian di Malaysia ialah Negeri Sembilan (Negeri Sembilan Darul Khusus), memiliki luas wilayah 6.686 km2 dengan jumlah penduduk 997.071 jiwa (2010), sehingga mencapai kepadatan 150 jiwa per km2. Negeri Sembilan beribukota di Seremban, sebuah kota dengan luas 959 km2 dan berpenduduk 555.935 jiwa (2010), atau kepadatan penduduknya mencapai 489 jiwa/km2.

Hal yang unik pada awalnya Negeri Sembilan dirintis  oleh orang Minang (pada jaman kejayaan Kesultanan Malaka), dan merupakan “koalisi” di antara negeri-negeri Johol, Jelebu, Klang, Sungai Ujong, Naning, Rembau, Jelei, Segamat dan Pasir Besar. Tak heran jika kondisi saat ini 282.971 dari 555.935 jiwa penduduk Seremban atau sekitar 50,9 persen merupakan orang Minang. Bahkan di negara bagian Negeri Sembilan  hampir 55 persen dari 997.071 jiwa penduduknya merupakan orang Minang.

Dominasi orang Minang di Negeri Sembilan tentu saja amat berpengaruh terhadap kondisi sosial, budaya, politik dan ekonomi setempat. Salah satu di antaranya bangunan khas Minangkabau banyak mewarnai sudut-sudut Kota Seremban dan berbagai kota lainnya di Negeri Sembilan. Sebagai contoh, The Cultural Handicraft Complex yang terletak di sepanjang Jalan Labu (Setelah keluar dari jalan tol Seremban Labu), merupakan komplek dengan bangunan yang mirip bangunan tradisional Minangkabau. Begitu pula  Masjid Negara menggunakan desain bangunan Minangkabau, dengan sembilan pilar yang mencerminkan adanya sembilan distrik (kabupaten) di Negeri Sembilan.

Selain itu Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan sejak tahun 1773 – 1795 (Raja Melewar, dipilih oleh Raja Pagar Ruyung), sampai Tuanku Muhriz (2008 – sekarang), merupakan turunan Minang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: