Johnny Swandi Syam, asli Minang

Dalam lima tahun terakhir, PT Indosat telah melahirkan tiga professional muda Minang berbakat. Pertama Ir. Hasnul Suhaimi, MM yang pernah menjadi Direktur Utama PT Indosat dan kini menjadi Presiden Direktur PT Exelcomindo Pratama operator telpon seluler XL

. Kedua, Endang Irzal, SE, MM  yang kini sebagai Direktur Utama PT Semen Padang di Sumatra Barat dan ketiga, Ir. Johnny Swandi Sjam, MSi yang kini juga menjadi orang nomor satu di perusahaan pelat merah milik Indonesia ini.

Ketika Juni lalu nama Johnny mencuat menjadi petinggi di Indosat, tak banyak yang tahu bahwa dia adalah putra asli Minang yang berasal dari Banuhampu, Sungai Pua, Kabupaten Agam. Banyak tokoh saudagar yang menghadiri acara deklarasi Silaturahmi Saudagar Minang beberapa waktu lalu di kediaman Meteri Perindustrian, Fahmi Idris, terpana mendengar nama Johnny yang baru beberapa hari menjadi Dirut Indosat, muncul sebagai salah seorang deklarator. “Ambo urang awak juo da,” kata Johnny memperkenalkan diri.

Meski lahir di Jakarta, 15 Agustus 1960, John sangat pasih berbahasa Minang. Malah, bila dia tahu lawan bicaranya orang Padang, maka ia akan langsung bercakap menggunakan bahasa leluhurnya itu.

Pehobi kebun dan ternak, ini berperawakan tenang tapi lincah. Buktinya, dalam tempo 23 tahun pengabdiannya di Indosat, ia berhasil meraih kursi Direktur Utama. Padahal, awal karirinya di perusahaan telekomunikasi ini dengan berbekal pendidikan D-III Ahli Komputer ITB hanyalah sebagai pegawai biasa di bagian pengolahan data. Namun setelah berhasil meraih dua gelar sarjana di dua perguruan tinggi, masing-masing Sarjana Manajemen Informatika, Universitas Gunadharma (1988) dan Sarjana/Diploma IV Manajemen Industri di Sekolah Tinggi Manajemen Industri, Departemen Perindustrian (1989), karirnya terus meningkat dengan tajam. “Apapun bidang yang kita tekuni, pendidikan itu memang penting,” kata Johnny memberi alasan.

Untuk menempa kematangannya sebagai calon pemimpin di perusahaan syarat teknologi ini, Johnny sering ditugaskan di anak perusahaan. Antara lain di Sisindosat anak perusahaan Indosat yang bergerak di bidang layanan jasa terknologi dan system informasi. Di situ ia pernah jadi Dirut. Kemudian, sebelum masuk jajaran direksi Indosat dan pada 5 Juni 2007 lalu ditunjuk menjadi Direktur Utama, ia juga pernah dipercaya memimpin PT Satelindo.

Sejak jadi Dirut di Indosat, kesibukan Ketua Koperasi Karyawan Indosat (2003-2005) dan Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia, itu memang luar biasa. Meski begitu, kecintaannya untuk kampung halaman Ranah Minangkabau tetap tinggi. Ia langsung oke ketika diajak menjadi salah seorang dari 13 deklarator silaturahmi saudagar Minang (SSM) 2007 ini.

2 Balasan ke Johnny Swandi Syam, asli Minang

  1. RIVAI ISA mengatakan:

    Benar, Jhony Suwandi Syam, adalah anak Minang asli,kelahiran Jakarta.Saya sangat tahu beliau dari kecil. Saya sangat akrap dan juga satu kampung dengan Ayah Jhony nama H. Syamsuar(ALM) dan Ibunya sehari hari panggil uni Mamah.Kami tahu betul dengan Uda Syamsuar bagaimana ia berjuang mendidik anak2yang sekarang banyak yang berahsil. Beliau seorang yang ulet dalam berbisinis.Dia punya restorant Padang di Bandung,Jl.Dalam Kaum.Kami sangat mengagumi Uda Syamsuar.
    Wassalam untuk Jhony. dari Om Rivai Isa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: